Selasa, 11 Januari 2011

EMPAT CONTOH PENERAPAN SUATU SISTEM DATABASE

  • Studying at university
Jika kita di sebuah universitas, maka akan ada suatu sistem database yang berisi informasi tentang mahasiswa, matakuliah yang diambil pada semester itu, detil tentang biaya kuliah, modul yang sudah diambil tahun sebelumnya juga yang diambil tahun ini serta rincian dari semua hasil ujian. Selain itu juga terdapat suatu database yang berisi program kuliah tahun depan, admission dan sebuah database yang berisi rincian staff yang bekerja di universitas itu.
  • Taking out insurance
Ketika kita mengambil ke aplikasi asuransi, misalnya asuransi pribadi, asuransi bangunan, dan asuransi untuk rumah, atau asuransi kendaraan, broker asuransi akan mengakses beberapa database yang berisi berbagai organisasi asuransi. Kita harus menyediakan rincian data pribadi, seperti nama, alamat, umur, dan apakah peminum atau perokok, data ini digunakan oleh sistem database untuk menentukan premi asuransi. Broker akan membantu mencarikan jenis perusahaan asuransi yang terbaik untuk kita.
  • Purchases from the supermarket
Pada waktu melakukan transaksi di supermarket, saat itu kemungkinan sedang terjadi proses database. Kasir menggunakan pembaca kode [bar] untuk membaca setiap barang yang kamu beli. Data barang ini lalu dihubungkan ke suatu program aplikasi yang menggunakan kode [bar] untuk menemukan harga item berdasarkan suatu database produk. Selain menemukan harga item, program juga meng-update jumlah stock dalam database produk tadi, selanjutnya menampilkan harga barang pada mesin kas register. Jika tingkat persediaan telah mencapai suatu ambang batas tertentu, maka akan dilakukan pemesanan lagi, untuk itu secara otomatis sistem akan mencetak suatu order untuk pemasok. Jika suatu saat pelanggan menelpon supermarket, petugas akan memeriksa apakah persediaan yang dimaksud telah tersedia.
  • Using the local library
Perpustakaan umumnya mempunyai suatu database yang berisi rincian buku, rincian pembaca, data pengunjung. Terdapat index yang terkomputerisasi, sehingga pembaca dapat menemukan sebuah buku berdasar pada judul nya, atau pengarang, atau subjek area. sistem database menangani reservasi untuk mengijinkan pembaca untuk meminjam suatu buku dan untuk memperoleh pemberitahuan melalui mail ketika buku tersedia. Sistem juga mengirimkan peringatan ke peminjam yang seharusnya mengembalikan buku karena telah jatuh tempo. Umumnya sistem akan mempunyai suatu alat baca kode [bar] yang serupa untuk dengan yang digunakan oleh di supermarket seperti uraikan lebih awal. Alat ini digunakan untuk menjejaki buku yang diterima dan dipinjam keluar dari perpustakaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar