Selasa, 11 Januari 2011

MATERI DATABASE PADA VB

Materi database pada VB Net menggunakan Microsoft Access 2003.Setelah membuat project baru, siapkan database pada folder tempat project baru.Misal : nama project VBNet = “supermarket”nama database = “supermarket.mdb”
Pada database supermarket siapkan tabel-tabel yang diperlukan, misal untuk tahap awal, siapkan tabel barang, dengan struktur berikut :
Tahap selanjutnya, isikan beberapa record barang.Kemudian pada project Supermarket aplikasi VB Net, lakukan koneksi ke database supermarket dengan tahapan berikut :Pada Toolbox Data, lakukan dobel klik pada OleDbDataAdapter, kemudian klik Nextdan pilih Tombol “New Connection” Pilih Provider : Microsoft Jet 4.0 OLE DB Provider, klik tombol NextKemudian pilih database yang akan digunakan.
Setelah proses koneksi selesai, klik tombol NextLanjutkan hingga pada perintah Generate SQL statements, ketikkan perintah SQL untuk menampilkan data barang. Urutan Field Pada perintah Select akan berpengaruh pada susunan kolom pada komponen DataGrid.

Kemudian pada proses selanjutnya akan muncul hak akses yang diberikan ke kita secara penuh, yaitu Select,Insert, Update dan Delete.
Pada tahap berikutnya pilih don’t include password. Setelah proses koneksi selesai, tahap berikutnya adalah membuat dataset, Dataset adalah komponen yang berfungsi sebagai sumber data (data source) untuk komponen-komponen yang ada dalam Form.
Untuk membuat dataset, klik kanan pada komponen OledbDataAdapter1, kemudian pilih “generate dataset”
Setelah proses membuat dataset baru selesai, ganti properties name komponen dataset (misal: dsbarang)
Untuk menampilkan data, pilih komponen datagrid, letakkan dalam from, kemudian atur properties datasourcenya, pilih dsbarang.barang. Setelah dipilih datasource, pada komponen Datagrid akan tampil field-field dari tabel barang Agar pada saat running / dijalankan, pada komponen datagridnya muncul data/record tabel barang, pada komponen form1 event load, ketikkan perintah :
OleDBDataAdapter1.fill(dsbarang),

Tidak ada komentar:

Posting Komentar